SKRIPSI PIAUD
Upaya Guru Dalam Menstimulasi Aspek Motorik Halus Anak Di TK Pertiwi Desa Kalilembu Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tenik pengumpulan triangualasi yang mencangkup metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data dilakukan menggunakan analisa data model miles and Hurberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan upaya yang dilakukan guru di TK Pertiwi Kalilembu Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan sudah memenuhi indikator tingkat pencapaian perkembangan anak menurut Permendikbud 137 pada tahapan usia 5-6 tahun dalam beberapa kegiatannya. Guru merencanakan pembelajaran dengan RPPH yang berisi tema, kegiatan, pembukaan, inti, penutup, dan rencana evaluasi. Kemudian ada pelaksanan pembelajaran dengan bentuk kegiatan demonstrasi melipat origami, berlatih menulis nama sendiri, bermain plastisin, meronce, menyusun balok, menggunting dan menempel sesuai pola serta menggambar dan mewarnai. Pada tahap evaluasi guru memberikan bentuk evaluasi dalam bentuk penilaian harian, hasil karya dan catatan anekdot. Adapun hambatan yang dialami guru berupa anak mudah emosi, anak tidak ada motivasi belajar, anak sulit diatur dan adanya keterlambatan perkembangan dapat diminimalisir dengan solusi seperti guru dapat memberikan variasi pada pembelajaran, guru memberikan motivasi belajar pada anak., guru lebih bisa bersabar dalam memberikan pendampingan belajar pada anak.dan guru lebih memperhatikan karaker serta kemampuan anak didik.
24SK2424105.00 | SK PIAUD 24.105 ANI u | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain