SKRIPSI PGMI
Implementasi Media Pembelajaaran Puzzle Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Materi Nama-Nama Malaikat Allah Dan Tugasnya Di Kelas III MII Pringlangu 03 Pekalongan
Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh seorang guru untuk menciptakan interaksi belajar adalah menggunakan media pembelajaran puzzle, media puzzle adalah salah satu media pembelajaran yang termasuk jenis permainan di mana peserta diminta untuk membongkar dan menyusun kembali kepingan puzzle hingga membentuk bentuk utuh. Ketika puzzle berada dalam keadaan acak, anak-anak merasa tertantang untuk menyusunnya. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu: Bagaimana implementasi media puzzle pada mata pelajaran akidah akhlak dalam materi nama-nama malaikat Allah dan tugasnya di kelas III MII Pringlangu 03 Pekalongan?, dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi media puzzle pada mata pelajaran akidah akhlak dalam materi nama-nama malaikat Allah dan tugasnya di kelas III MII Pringlangu 03 Pekalongan?. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun sumber data primer pada penelitian ini yaitu dokumentasi dengan mencari data mengenai perencanaan pembelajaran berupa RPP, wawancara kepada kepala sekolah, guru mata pelajaran akidah akhlak kelas III dan siswa kelas III MII Pringlangu 03 Pekalongan, sedangkan sumber data sekunder berasal dari dokumen-dokumen yang mendukung penelitian ini, berupa sejarah berdirinya, visi dan misi, keadaan guru dan karyawan, keadaan sarana dan prasarana, daftar hasil belajar siswa kelas III MII Pringlangu 03 Pekalongam dan referensi kepustakaan-kepustakaan yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi media pembelajaran puzzle pada mata pelajaran akidah akhlak dalam materi nama- nama malaikat Allah dan tugasnya di kelas III MII Pringlangu 03 Pekalongan, terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap evaluasi dalam implementasi media pembelajaran puzzle pada mata pelajaran akidah akhlak dalam materi nama-nama malaikat Allah dan tugasnya mencakup tiga teknik evaluasi yaitu teknik evaluasi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik . Hasil dari ketiga penilaian tersebut sangat baik, karena rata-rata nilai siswa yang tinggi. terdapat faktor pendukung dan beberapa faktor penghambat dalam penerapan media puzzle. Implementasi media ini berhasil memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa.
24SK2423239.00 | SK PGMI 24.239 UMI i | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain