SKRIPSI PGMI
Upaya Guru Dalam Mengembangkan Psikomotorik Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Kelas II Di MIS Wonoyoso Kecamatan Buaran Kab. Pekalongan
Pada pembelajaran fiqih terutama materi sholat upaya seorang Guru dalam mengembangkan kemampuan psikomotorik siswa adalah mempraktikan gerakan sholat secara bersama-sama, membuat presensi sholat diisi di rumah dan didampingi orang tua siswa, siswa dan orang tua banyak mengalami kendala dalam mengembangkan kemampuan psikomotorik siswa, salah satu kendalanya adalah kurangnya perhatian siswa terhadap pelajaran, keluarga yang sibuk sehingga tidak bisa mendampingingya. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dokumen, foto, administrasi sekolah, administrasi kelas yang ada di MIS Wonoyoso Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIS Wonoyoso sudah mengembangkan kemampuan psikomotorik siswa pembelajaran fiqih materi sholat. Dengan cara upayanya yaitu : Membuat absensi sholat. Dengan adanya presensi sholat siswa mempunyai tanggung jawab dan mempraktikan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar karena didampingi oleh salah satu keluarga siswa tersebut sehingga siswa menjalankan tugasnya dengan baik dan nantinya sudah terbiasa menjalankan sholat 5 waktu dengan benar baik dirumah maupun diluar rumah. ada beberapa kendala yang dialami diantaranya: siswa mau sholat karena ada yang mengawasi, kesibukan keluarga siswa, kurangnya pemahan materi. Adapun solusinya adalah presensi sholat diperiksa secara bertahap diluar sekolah, dalam sekolah mempraktikan yang tidak berangkat jadikan satu yang tidak tahu cari jam khusus untuk mempraktikan secara individu.
24SK2423237.00 | SK PGMI 24.237 MDA u | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain