SKRIPSI PGMI
Penggunaan Media Kartu Dalam Pembelajaran Menulis Aksara Jawa di Kelas III SD N Kradenan 04 Kota Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman serta penguasaan keterampilan menulis pada pembelajaran aksara jawa, sehingga guru kelas III SD N Kradenan 04 kota pekalongan mengembangkan inovasi media dalam pembelajaran aksara jawa dengan menggunakan media kartu aksara jawa untuk membantu siswa lebih mudah dalam memahami serta berkembangya keterampilan dalam menulis aksara jawa. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) bagaimana Penggunaan Media Kartu Dalam Pembelajaran Menulis Aksara Jawa Di Kelas III SD N Kradenan 04 Kota Pekalongan? (2) Bagaimana Keterampilan Menulis Aksara Jawa Di Kelas III SD N Kradenan 04 Kota Pekalongan? Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian ini ditemukan penggunaan media kartu dalam pembelajaran menulis aksara jawa di kelas III SD N Kradenan 04 kota Pekalongan, dilakukan dengan cara perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun perencanaan meliputi: Tujuan Pembelajaran, Asal mula penggunaan media kartu, Penulisan kartu, Perbaruan Media kartu. Pelaksanaan meliputi: Pembuatan media kartu, Cara pembuatan kartu, Penggunaan media kartu. Evaluasi meliputi: tes mengerjakan aksara jawa, yaitu guru menuliskan beberapa soal aksara jawa dalam bahasa latin pada papan tulis, untuk kemudian siswa diarahkan mengerjakan soal untuk di tulis dengan aksara jawa dibuku masing-masing. Kemudian pada penggunaan media kartu dalam pembelajaran aksara jawa juga berpengaruh pada perkembangan kemampuan menulis aksara jawa siswa, kemampuan menulis aksara jawa siswa berkembang dan semakin percaya diri dalam menulis aksara jawa.
24SK2423236.00 | SK PGMI 24.236 NUR p | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain