SKRIPSI PGMI
Analisis Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill Pada Materi Luas Daerah Bangun Datar
Jenis penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu guru kelas, siswa kelas 5, daftar nilai, daftar soal HOTS. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari buku dan peneliti dari peneliti sebelumnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes tertulis. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengerjakan soal matematika tipe HOTS pada materi luas daerah bangun datar terbagi menjadi 3 kategori yaitu: (1) Siswa Berkemampuan Tinggi (SBT) dalam menggunakan kemampuannya dengan sangat baik dan memuaskan, baik tahap menganalisis, mengevaluasi hingga mencipta. Sedangkan kendalanya yaitu kurang percaya diri dan fokus. (2) Siswa Berkemampuan Sedang (SBS) dalam menggunakan kemampuannya dengan cukup baik dalam tahap menganalisis dan mengevaluasi, dan tahap mencipta kurang baik. Sedangkan kendalanya yaitu kurang memahami materi, tidak mengetahui perintah soal dan kurang mengetahui rumus hingga langkah-langkah pengerjaannya. (3) Siswa Berkemampuan Rendah (SBR) dalam menggunakan kemampuannya kurang baik yang hanya mampu dalam tahap menganalisis, sedangkan tahap mengevaluasi dan mencipta kurang baik atau tidak dapat diidentifikasi. Sedangkan kendalanya tidak mengetahui perintah soal, kurang serius, tidak fokus pada lembar soal, kurangnya motivasi siswa, dan tidak mengetahui rumus hingga langkah-langkah pengerjaannya.
24SK2423233.00 | SK PGMI 24.233 HIS a | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain