SKRIPSI PGMI
Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mengembangkan Keaktifan Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas IV MSI VIII Medono Kota Pekalongan
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang diimplementasikan dalam proses pembelajaran sesuai dengan keberagaman siswa dari gaya belajar, karakteristik, kebutuhan dan kemampuan masing-masing siswa. Ketika pembelajaran berdiferensiasi dapat diimplementasikan dengan baik, maka akan memunculkan perhatian terhadap perbedaan individu diantara beberapa siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mengembangkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas IV MSI VIII Medono Kota Pekalongan (2) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mengembangkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas IV MSI VIII Medono Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mengembangkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas IV MSI VIII Medono Kota Pekalongan adalah (1) Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi terdiri 3 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahap perencanaan,dimulai dari guru kelas IV menyiapkan media pembelajaran, modul ajar, dan buku pegangan guru. Pada tahap pelaksanaan terdapat diferensiasi konten berupa materi pemfaktoran dan diferensiasi proses berupa siswa berkelompok dengan berdasarkan tingkat kemampuan siswa yaitu tingkat tinggi, sedang dan rendah serta mampu mengembangkan keaktifan siswa. (2) Faktor pendukung implementasi pembelajaran berdiferensiasi yaitu antusias siswa, media ajar, tempat dan fasilitas yang mendukung, suasana belajar yang menyenangkan, dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya waktu dan sumber daya manusia.
24SK2423228.00 | SK PGMI 24.228 NUR i | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain