SKRIPSI PGMI
Eksperimentasi Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas IV Di MIS Wonorejo
Berdasarkan observasi pembelajaran matematika kelas IV bahwasannya guru jarang menggunakan pembelajaran yang kooperatif dalam pembelajaran, misalnya dalam pembentukan kelompok dalam memecahkan suatu masalah yang berkaitan dengan pengalaman sehari-hari siswa dalam konteks nyata. Akibatnya siswa kurang menguasai pelajaran matematika khususnya terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kemampuan representasi matematis siswa yang dikenai pendekatan RME dan yang tidak dikenai pendekatan RME (2) Penerapan pendekatan RME dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas IV di MIS Wonorejo Penelitian ini menggunakan pendekatan pre-experimental design type Two Group Pretest-Posttes Design, dalam penelitian ini tidak menggunakan kelas kontrol desain ini dilakukan dengan membandingkan hasil pretest dengan hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan pokok bahasan keliling dan luas bangun datar, tes yang diberikan berupa tes uraian sebanyak 10 butir soal Hasil penelitian menunjukkan perhitungan uji independent sample test mendapatkan hasil sig. Levene’s Test for variance sebesar 0.434 > 0.05, dengan sig. (2-tailed) sebesar 0.004 < 0.005 maka disimpulkan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan atau nyata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
24SK2423219.00 | SK PGMI 24.219 NID e | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain