SKRIPSI PGMI
Implementasi Pembinaan Seni Baca Al-Qur'an Sebagai Upaya Pengembangan Kualitas Siswa Dalam Membaca Al-Qur'an Pada Kelas 5 Di IT Bahrul Ulum Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualitas dan minat dalam membaca Al-Qur’an khususnya pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini juga didasari oleh antusiasme peneliti terhadap seni baca Al-Qur’an yang dapat menarik minat para siswa terhadap Al-Qur’an sehingga secara tidak langsung kualitas membaca Al-Qur’an para siswa dapat meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kualitas siswa dalam membaca Al-Qur’an di SD IT Bahrul Ulum, (2) untuk mengetahui dan mejabarkan bagaimana implementasi dari program pembinaan seni baca Al-Qur’an di SD IT Bahrul Ulum, (3) serta untuk menidentifikasi problematika yang dihadapi dalam proses pembinaan seni baca Al-Qur’an di SD IT Bahrul Ulum. Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan (filed research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam proses pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan model miles dan huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penatikan kesimpulan merupakan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembinaan seni baca alqruan di SD IT Bahrul Ulum sudah berjalan dengan baik, terbukti dari peningkatan kualitas siswa dalam membaca Al-Qur’an yang meningkat cukup derastis setelah mengikuti program pembinaan, selain itu para siswa juga mengenal hal baru seperti penerapan lagu dalam seni membaca Al-Qur’an. Dari segala faktor yang telah ditinjau, program pembinaan ini merupakan salah satu program dari SD IT Bahrul Ulum yang berhasil dalam mengembangkan mutu siswanya. Hasil dari penelitian ini juga menjelaskan problematika yang dihadapi dalam program pembinaan, seperti masalah internal yang terkait dengan minat siswa terhadap seni baca Al-Qur’an maupun masalah yang berasal dari faktor eksternal terkait dengan didiplin waktu pembelajaran, durasi, dan manajemen waktu.
24SK2423217.00 | SK PGMI 24.217 MAK i | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain