SKRIPSI PAI
Pemanfaatan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Pernikahan Dalam Islam Siswa Kelas XI SMAN 1 Paninggaran Kabupaten Pekalongan
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu ilmu yang sangat penting untuk ditanamkan pada peserta didik untuk menciptakan pondasi agama yang kokoh bagi mereka kelak. Pada pelaksanaan pembelajaran masih banyak peserta didik yang kurang memahami materi ajar serta lebih memilih melakukan aktivitas masing-masing. Dalam upaya untuk menghindari ketidakefektifan dalam pembelajaran seorang pendidik dapat memanfaatkan metode Role Playing (Bermain Peran). Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana pemanfaatan metode role playing pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 1 Paninggaran?, 2) Bagaimana implikasi dari pemanfaatan metode role playing pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 1 Paninggaran?. Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan pemanfaatan metode role playing pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 1 Paninggaran, 2) Mendeskripsikan implikasi dari pemanfaatan metode role playing pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 1 Paninggaran. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Pendekatan penelitian ini dengan menggunakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan metode role playing pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 1 Paninggaran meliputi: a) tahapan perencanaan: memilih pendekatan pembelajaran yang sesuai, b) tahapan pelaksanaan: kesesuaian dengan perencanaan pembelajaran, c) tahapan penilaian: penilaian sikap, dan evaluasi, 2) Implikasi pemanfaatan metode role playing pada pembelajaran pendidikan agama islam siswa kelas XI SMAN 1 Paninggaran, meliputi: a) kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran: penentuan pendekatan pembelajaran, b) kemampuan guru melaksanakan pembelajaran: penguasaan kelas dengan baik, c) kemampuan peserta didik dalam memperagakan peran: aktif dan mengahayati peran.
24SK2421472.00 | SK PAI 24.472 DEW p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain