SKRIPSI PAI
Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Media Video Dalam Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Kelas IX SMP Tentang Pergaulan Bebas
Pentingnya bekal pengetahuan tentang bahaya pergaulan bebas harus disampaikan dengan baik. Untuk menyampaikan materi dengan baik maka perlu menggunakan media yang tepat dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran harus ada interaksi belajar antara guru dan pesertadidik, sehingga guru memberikan rangsangan kepada peserta didik melalui media yang tepat guna mencapai tingkat efektif dalam belajar. Adapun media terdiri dari media visual, audio, dan audio visual. Rumusan masalah adalah (1) bagaimana efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan media konvensional dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik kelas IX SMP tentang pergaulan bebas; dan (2) bagaimana efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan media video dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik kelas IX SMP tentang pergaulan bebas. Tujuan penelitiannya adalah (1) mengetahui efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan media konvensional dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik kelas IX SMP tentang pergaulan bebas; dan (2) mengetahui efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan media video dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik kelas IX SMP tentang pergaulan bebas. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, dimana penelitian dilaksanakan pada kancah kehidupan yang sebenarnya. Metode yang digunakan dengan Metode Tes Uji berupa pembagian quisioner. Analisis data dengan menggunakan kuantitatif yang didapat dari hasil penelitian dengan angkaangka sebagai pembuktiannya. Penggunaan media video pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan pengetahuan peserta didik kelas IX SMP berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menggunakan independent simple t-test pada hasil post test kelas eksperimen menunjukkan bahwa nilai t hitung > t table yaitu 2,043 > 2,009 atau dapat dilihat dari nilai signifikansi 2-tailed hasil belajar post-test pada kelas eksperimen dan kelas control yaitu 0,046 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga disimpulkan media video lebih efektif dalam penyampaian pembelajaran dibanding media konvensional.
24SK2421470.00 | SK PAI 24.470 DIA e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain