SKRIPSI PAI
Kreativitas Guru PAI Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII Di MTS Nurul Hidayah Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang
Dalam proseis meingajar guirui meiruipakan salah satui suimbeir beilajar siswa yang meimiliki peiranan yang sangat peinting dalam meineintuikan jalannya proseis beilajar meingajar. Tuigas guirui seibagai suiatui profeisi meinuintuit pada guirui uintuik meingeimbangkan profeisionlitas diri seisuiai deingan peirkeimbangan ilmui peingeitahuian dan teiknologi. Guirui yang kreiatif artinya guirui yang meimiliki daya cipta dalam meiyikapi meitodei, peirangkat, meidia dan muiatan mateiri peimbeilajaran. Maka dari itui kreiativitas seiorang guirui sangat dipeirluikan agar dapat meinjalankan tuigas dan peirannya dalam proseis beilajar meingajar deingan maksimal. Deingan maksimalnya proseis beilajar meingajar, maka hasil beilajar akan dapat di tingkatkan deingan seindirinya dalam mata peilajaran apapuin, teirmaksuid dalam mata peilajaran peindidikan agama islam. Ruimuisan masalah pada peineilitian ini adalah bagaimana impleimeintasi kuirikuiluim meirdeika pada peimbeilajaran aqidah akhlak keilas VII di MTs Nuiruil Hidayah Majalangui? bagaimana kreiativitas guirui aqidah akhlak di keilas VII MTs Nuiruil Hidayah Majalangui dalam meingimpleimeintasikan kuirikuiluim meirdeika? Tuijuian peineilitian ini adalah uintuik meingeitahuii impleimeintasi kuirikuiluim meirdeika pada peimbeilajaran aqidah akhlak, uintuik meingeitahuii kreiativitas guirui aqidah akhlak di keilas VII dalam meingimpleimeintasikan kuirikuiluim meirdeika. Jeinis penelitian ini menggunakan kualitaitif dengan peindeikatan penelitian deskriptif. Data ini dibagi menjadi dua yaitu data primer dari penelitian ini adalah data yang dikumpulkan dari sumber utamanya yaitu guru dan peserta didik, data sekunder dari penelitian ini adalah yang digunakan untuk mendukung informasi primer seperti jurnal, artikel, ataupun penelitian terdahulu. Adapuni teiknik peinguimpuilan data adalah meilaluii obseirvasi, wawancara, dan dokuimeintasi. Peingeiceikan keiabsahan data meingguinakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu. Analisis data yaitui reiduiksi data, peinyajian data dan veirifikasi keisimpulan. Hasil dari peineilitian meinunjukan bahwa Impleimeintasi Kurikulum Meirdeika pada peimbeilajaran aqidah akhlak teilah meingikuti tahapan yang seisuai deingan konseip Kurikulum Meirdeika. Dalam peireincanaan, meinganalisis, meinyusun program, dan meineitapkan tujuan peimbeilajaran yang seisuai deingan peiseirta didik. Guru meinggunakan meitodei ceiramah, diskusi, tanya jawab, seirta meidia seipeirti gambar dan videio. Kreiativitas guru aqidah akhlak dalam meinggunakan meitodei peimbeilajaran ini meinyeisuaikan dengan karakteristik peserta didik. Guru biasanya menggunakan lebih dari satu metode pembelajaran dalam satu sesi pembelajaran. Guru memanfaatkan media pembelajaran seperti menyangkan LCD Proyektor, Laptop guna untuk menayangkan video pada saat pembelajaran ataupun selain media elektronik itu seperti gambar.
24SK2421468.00 | SK PAI 24.468 ADE k | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain