SKRIPSI PAI
Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Penanggulangan Kenakalan Siswa Melalui Pendidikan Akhlak di MTS Wahid Hasyim Warungasem
Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa akhlak siswa di MTs Wahid Hasyim Warungasem yang kurang baik dalam berperilaku. Hal tersebut dikarenakan siswa bertingkahlaku yang kurang baik, seperti saling membuly, membolos sekolah, kurang disiplin, dan kurangnya sopan santun siswa kepada guru. Dari observasi tersebut peneliti tertarik untuk melakukan suatu penelitian mengenai upaya guru akidah akhlak dalam penanggulangan kenakalan siswa melalui pendidikan akhlak di MTs Wahid Hasyim Warungasem. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan, faktorfaktor penyebab terjadinya kenakalan, dan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak dalam penanggulangan kenakalan yang dilakukan oleh siswa di Mts Wahid Hasyim Warungasem. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui kegiatan dokumentasi dan wawancara dengan pihak terkait. Responden dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Akidah Akhlak dan beberapa siswa di di Mts Wahid Hasyim Warungasem. Hasil penelitian ini menunjukan bentuk-bentuk kenakalan yang dilakukan oleh siswa di MTs Wahid Hasyim Warungasem dibagi ke dalam dua klasifikasi, yaitu pelanggaran ringan dan pelanggaran berat. Secara umum, faktor-faktor yang melatarbelakangi kenakalan siswa di MTs Wahid Hasyim Warungasem meliputi, faktor keluarga, faktor lingkungan, dan faktor psikologi. Upaya yang digunakan untuk penanggulangan kenakalan siswa di MTs Wahid Hasyim Warungasem adalah Program Preventif yang terdiri dari Program Pengarahan dan Program Bimbingan, dan Program Represif yang terdiri dari Program Identifikasi dan Program Pembinaan.
24SK2421459.00 | SK PAI 24.459 ROF u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain