SKRIPSI PAI
Peran Manajemen Kurikulum Pendidikan Diniyah Formal Dalam Menghasilkan Mutu Lulusan Santri Di Pondok Pesantren Darul Ulum Tragung Kandeman Batang
Pondok Pesantren Darul Ulum Tragung Kandeman Batang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berbasis pesantren yang berlokasi di Jl. Ds. Tragung RT 07 RW 04 Tragung, Kandeman, Batang. Pondok Pesantren ini merupakan Pondok Pesantren dengan kurikulum Pendidikan Diniyah Formal (PDF) dengan sistem pembelajaran berbasis kitab kuning secara berjenjang dan terstruktur. Kurikulum Pendidikan Diniyah Formal di Pesantren Darul Ulum dinilai dapat mencetak santri-santri menjadi tafaqquh fidd’in dan berakhlaqul karimah Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana manajemen kurikulum Pendidikan Diniyah Formal dalam menghasilkan mutu lulusan santri di pondok pesantren Darul Ulum Tragung Kandeman Batang? (2) Bagaimana peran manajemen kurikulum Pendidikan Diniyah Formal dalam menghasilkan mutu lulusan santri di pondok pesantren Darul Ulum Tragung Kandeman Batang? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat peran manajemen kurikulum Pendidikan Diniyah Formal dalam menghasilkan mutu lulusan santri di pondok pesantren Darul Ulum Tragung Kandeman Batang? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer yaitu: Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan guru Pendidikan Dinyah Formal Pondok Pesantren Darul Ulum Tragung. Sedangkan sumber data skunder yaitu dokumen terkait sejarah dan profil profil Pondok Pesantren Darul Ulum, dokumentasi kurikulum dan informasi lainnya yang relevan. Peneliti menggunakan teknik analisis Miles, Hubermen dan Saldana yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Manajemen Kurikulum Pendidikan Diniyah Formal dalam Menghasilkan Mutu Lulusan Santri Darul Ulum Tragung Kandeman Batang (1) Manajemen Kurikulum sudah dilaksanakan sesuai dengan aturan dasar PDF yang telah ditetapkan oleh pemerintah mulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengorganisasian, dan evaluasi (2) Peran kepala Pendidikan Diniyah Formal sangat penting dalam menigkatkan mutu lulusan santri dan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan kegiatan Pendidikan Diniyah Formal. Sejauh ini tingkat lulusan santri Darul Ulum Tragung cukup baik terlihat dari banyaknya dokumentasi prestasi akademik dan non akademiknya (3) Pendidikan Diniyah Formal di Pesantren Darul Ulum Tragung Kandeman Batang di dukung berbagai kelengkapan seperti sarana dan prasarana, lingkungan yang kondusif dan adanya kerjasama antar guru Pendidikan Diniyah Formal. Kendala Pendidikan Diniyah Formal di Pesantren Darul Ulum ini yaitu adanya perbedaan waktu antara kelulusan SD dan SMP dengan awal pembelajaram di Pondok Pesantren Darul Ulum Tragung sehingga ketika tahun ajaran baru pondok pesantren harus menunggu sekitar satu atau dua bulan dari kelulusan SD dan SMP. Selain itu banyak dari kelas 3 wustha yang tidak melanjutkan dijenjang Ulya Karena boyong sehingga memengaruhi kelancaran pembelajaran dijenjang Ulya.
24SK2421454.00 | SK PAI 24.454 ITA p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain