SKRIPSI PAI
Pengaruh Gaya Mengajar Interaksional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMP N Bojong
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya gaya mengajar interaksional guru dan motivasi belajar siswa dalam menunjang hasil belajar siswa. Guru yang mampu mengajar dengan baik tentu akan menghasilkan hasil belajar siswa yang baik pula. Selain itu adanya motivasi yang baik dalam proses belajar juga akan mendapatkan hasil belajar yang baik. Semakin tinggi motivasinya, semakin intensitas usaha dan upaya yang dilakukan, maka semakin tinggi hasil belajar yang diperolehnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar interaksional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 1 Bojong. Kedua, untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 1 Bojong dan yang terakhir untuk mengetahui pengaruh antara keduanya terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP N 1 Bojong yang berjumlah 256. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin, diperoleh sampel sebanyak 72 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan uji instrumen penelitian, uji prasyarat analisis, dan regresi regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan SPSS for Windows 29.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara gaya mengajar interaksional guru terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan pada t hitung sebesar 2,456 ≥ t tabel 1,995 dan nilai signifikansi 0,017 ≤ sig 0,05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan pada t hitung sebesar 4,095 ≥ t tabel 1,995 dan nilai signifikansi 0,001 ≤ sig 0,05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara gaya mengajar interaksional guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan pada F hitung sebesar 14,935 ≥ F tabel 3,13 dan nilai signifikansi 0,001 ≤ 0,005, yang artinya Ho ditolak. Dengan R Square sebesar 30,2% yang artinya pengaruh gaya mengajar interaksional guru dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebanyak 30,2%.
24SK2421450.00 | SK PAI 24.450 AAN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain