SKRIPSI PBS
Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan, Dan Bonus Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Produk Tabungan Idul Fitri di KSPPS btm Batang Cabang Warungasem)
Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan, Dan Bonus Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Produk Tabungan Idul Fitri di KSPPS BTM Batang Cabang Warungasem). Persaingan dalam koperasi syariah sangat ketat sehingga membutuhkan usaha yang keras untuk mendapatkan calon nasabah dan mempertahankan yang sudah ada ditangan. Munculnya kasus koperasi X di Pekalongan yang berdampak menurunnya kepercayaan Masyarakat terhadap Lembaga non bank. Dimana kepercayaan merupakan pondasi utama dalam sebuah hubungan untuk mendapatkan anggota yang lebih banyak dan loyal terhadap perusahaan. Loyalitas pada dasarnya merupakan kesetiaan, pengabdian dan kepercayaan yang diberikan atau ditujukan kepada seseorang atau lembaga yang didalamnya terdapat rasa cinta dan tanggung jawab untuk berusaha memberikan pelayanan dan perilaku yang baik. BTM Batang Cabang Warungasem akan berhasil memperoleh nasabah dalam jumlah yang banyak dan mendapat kesetiaan (loyal) terhadap perusahaan apabila terciptanya kepercayaan, kualitas pelayanan yang baik dan pemberian bonus yang adil dapat memberikan manfaat, diantaranya hubungan antara perusahaan dan nasabah menjadi akrab, memberikan kesan yang baik bagi nasabah serta membentuk suatu rekomendasi dari nasabah satu ke nasabah lain yang dapat menguntungkan perusahaan dan terciptanya loyalitas nasabah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier bergandan dengan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, karena apabila kepercayaan itu sudah terbentuk maka loyalitas nasabah terhadap perusahaan akan semakin tinggi. Variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, karena jika kualitas layanan yang diberikan semakin baik nasabah akan selalu loyal dan tidak akan mudah jika dipengaruhi oleh perusahaan lain. Variabel bonus berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hal ini dikarenakan, nasabah yang mendapatkan bonus secara adil dan tepat waktu, mereka akan semakin semangat untuk menabung dan mungkin akan membeli lagi produk lain ditempat yang sama sehingga loyalitas pun akan semakin meningkat. Berdasarkan nilai koefisien determinasi dengan Adjusted R Square 0,863 atau 86,3% artinya pengaruh kepercayaan, kualitas layanan dan bonus terhadap loyalitas nasabah sebesar 86,3% sisanya 13,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Kata kunci : Kepercayaan, Kualitas Layanan, Bonus dan Loyalitas Nasabah
24SK2442150.00 | SK PBS 24.150 REN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain