SKRIPSI MD
Model Kepemimpinan Perempuan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Jamaah Haji Plus Dan Umrah Pada Biro Amaliyah Kabupaten Pekalongan
Biro Amaliyah Kabupaten Pekalongan merupakan agen Biro Tour and Travel yang bekerja sama dengan dua PT, yaitu PT. Razek dan PT. Berkat Wisata. Biro Amaliyah ini berdiri sejak tahun 1999. Agen Biro Amaliyah merupakan agen yang bergerak pada bidang tour and travel religius untuk melayani ibadah Haji Plus dan Umrah yang menyediakan serangkaian pelayanan dan juga evaluasi peningkatan pelayanan setiap tahunnya yang lebih spesifik dengan akses dan fasilitasnya yang lebih mudah bagi masyarakat, khususnya untuk masyarakat yang ingin mendaftar ibadah haji dan umrah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jawaban dari rumusan masalah sebagai berikut (1) bagaimana model kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan jamaah haji plus dan umrah pada biro Amaliyah Kabupaten Pekalongan (2) apa saja faktor pendorong dan penghambat model kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan jamaah haji plus dan umrah pada biro Amaliyah Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan sistematika penulisan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta teknik analisis data yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan jamaah haji plus dan umrah pada biro Amaliyah yang diterapkan oleh ibu Hj. Amaliyah termasuk dalam kategori model kepemimpinan yang kharismatik dan demokratris. Adapun faktor pendorong model kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan jamaah haji plus dan umrah pada biro Amaliyah adalah fasilitas pelayanan, akomodasi, dan sarana prasarana yang memadai dengan tujuan agar para jamaah haji maupun umrah dapat beribadah dengan nyaman. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kedisiplinan dari jamaah haji dan umrah, kemudian tingkat pemahaman atau pengetahuan yang berbeda-beda pada setiap jamaah haji dan umrah, dan faktor usia lanjut dari jamaah haji dan umrah.
24SK2436062.00 | SK MD 24.062 IST m | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain