SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas IX MTS Negeri 1 Pekalongan
Hasil PISA terbaru menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa Indonesia masih tertinggal jauh dibandingkan dengan negara lainnya. Pembelajaran yang relevan perlu diupayakan untuk memunculkan literasi matematis pada peserta didik. Alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi rendahnya kemampuan literasi matematis siswa yaitu dengan menerapkan model, metode, maupun pendekatan pembelajaran yang mampu mengasah kemampuan siswa. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu kemampuan literasi matematis siswa yang masih rendah. Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini diharapkan bisa berguna baik secara teoritis maupun secara praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IX E dan IX F MTs Negeri 1 Pekalongan sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai post-test yang lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan independet simple t-test menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pendekatan pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas IX MTs Negeri 1 Pekalongan.
24SK2426117.00 | SK TM 24.117 ABD p | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain