SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Efektivitas Project Based Learning Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri 1 Karangdadap
Kemampuan berpikir kritis yang rendah menjadi masalah di sekolah, terutama di SMP Negeri 1 Karangdadap, dan sering dikaitkan dengan penerapan model pembelajaran dan Kurikulum Merdeka. Keberhasilan membentuk kemampuan berpikir kritis siswa sangat dipengaruhi oleh pemilihan model pembelajaran yang tepat. Penerapan Project Based Learning menuntut siswa untuk berpikir kritis dan bertindak aktif. Project Based Learning, sebagai ciri utama Kurikulum Merdeka, memberikan motivasi dan persiapan bagi siswa untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP Negeri 1 Karangdadap dalam pembelajaran modell Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka? 2) Apakah penerapan model Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka elfelktif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP Negeri 1 Karangdadap? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang pendekatannya secara kuantitatif. Tipe penelitian ini yaitu Equivalent Control Group Desain. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumen. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validasi ahli, analisis data tahap awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji persamaan rata-rata, analisis data tahap akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata, dan uji N-Gain. Dari penelitian ini didapatkan hasil data posttest yang menyatakan bahwa nilai rata-rata kelas kontrol adalah 78,83 (kategori sedang), sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen) adalah 86,6 (kategori tinggi). Sementara hasil uji t mendapat hasil sig sebesar 0,001
24SK2426115.00 | SK TM 24.115 DEW e | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain