SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) Bernuansa Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Paninggaran
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) bernuansa etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Paninggaran, (2) Mengevaluasi efektivitas penggunaan pendekatan pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) bernuansa etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Paninggaran, dan (3) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kefektifan pembelajaran matematika Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) bernuansa etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Paninggaran. Penelitian ini didesain dalam bentuk pendekatan Mixed Method Research dengan jenis penelitian Explanatory Design. Pada pengumpulan data kuantitatif mengggunakan Quasi Experimental Design dengan melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan pada pengumpulan data kualitatif menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Subjek penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Paninggaran pada materi bangun ruang sisi datar. Dengan teknik purposive sampling dipilih kelas VIII E sebagai kelas eksperimen menggunkan pendekatan pembelajaran STEM bernuansa etnomatematika dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol menggunakan pendekatan konvensional. Pengumpulan data dilakukan setelah proses pembelajaran dengan menggunakan instrumen tes pre-test post-test, observasi, lembar angket, dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan : 1) Penerapan pendekatan pembelajaran science, technology, engineering, and mathematics (STEM) bernuansa etnomatematika efektif diterapkan pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Paninggaran. 2) Hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran STEM bernuansa etnomatematika lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran secara konvensional. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata post-test masing-masing kelas tersebut. Rata-rata siswa yang menggunakan pendekatan STEM bernuansa etnomatematika yaitu sebesar 58 dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 49,561 dengan selisih 8,439. Adapun perbedaan hasil belajar siswa ini signifikan dengan nilai sig.0.018. 3) Efektivitas penggunaan pendekatan pembelajaran science, technology, engineering, and mathematics (STEM) dalam meningkatkan hasil belajar memiliki beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan pendekatan pembelajaran STEM bernuansa etnomatematika yaitu (1) metode pembelajaran aktif, (2) relevansi budaya, dan (3) kontekstualisasi pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat hasil belajar siswa menurun adalah (1) kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika, (2) kurangnya konsentrasi siswa selama proses pembelajaran, (4) rendahnya pemahaman konsep siswa, (5) fasilitas yang kurang memadai, dan (6) budaya lokal pada modul ajar yang asing bagi siswa.
24SK2426114.00 | SK TM 24.114 NAB e | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain