SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Dengan Kriteria Watson Kelas VIII MTS Salafiyah NU Karanganyar
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). mengidentifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita pada materi SPLDV berdasarkan kriteria watson kelas VIII MTs S NU Karanganyar. 2). Untuk menganalisis faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesalahan dalam menyesaikan soal cerita matematika pada materi SPLDV dengan kriteria Watson siswa kelas VIII MTs S NU Karanganyar. Penelitian yang dilakukan di MTs S NU Karanganyar menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengambilan sampel menggunakan stratified sampling. Adapun pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII F MTs S NU Karanganyar. Kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV yaitu : kesalahan data tidak disebutkan, kesimpulan hilang, dan masalah hirarki keterampilan. Kesalahan data tidak disebutkan disebabkan karena siswa mengangap tidak perlu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal. Kesalahan masalah hirarki keterampilan disebabkan karena siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal. Kesalahan kesimpulan hilang disebabkan siswa tidak terbiasa membuat kesimpulan, tidak menemukan hasil akhir dari penyelesaian, serta siswa terburuburu dalam menyelesakan soal sehingga lupa menuliskan kesimpulan akhir.
24SK2426113.00 | SK TM 24.113 MOH a | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain