SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Inkuiri Dengan Berbantuan Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII
Penelitian ini bertujuan untuk. 1) Untuk Menghasilkan modul ajar matematika berbasis inkuiri dengan bebantuan aplikasi geogebra yang valid digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII. 2)Untuk Menghasilkan modul ajar matematika berbasis inkuiri dengan bebantuan aplikasi geogebra yang praktis digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII. 3) Untuk Menghasilkan modul ajar matematika berbasis inkuiri dengan bebantuan aplikasi geogebra yang efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pnedekatan pengembangan atau research and development (R&D) dan model pengembangan yang diterapkan adalah ADDIE atau analysis, design, development, implementation, evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawamcara, kuesioner, tes, analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian modul pembelajaran berbasis inkuiri termasuk dalam kategori “sangat valid” karena diperoleh 78% dari ahli media dan dari ahli materi dengan nilai presentase 84%. Dalam kepraktisan modul ini termasuk sangat praktis dengan presentase yaitu angket respon guru dan angket respon siswa memperoleh rata – rata skor skor 50,85 atau 85% dengan kategori “sangat praktis”. untuk kefektifan dalam pemebelajaran modul ini mendapat nilai presentase pre-test sebesar 14,28% sedangkan post-test presentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 82,14% dengan kategori “sangat efektif”
24SK2426112.00 | SK TM 24.112 MRI p | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain