SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Analisis Kesulitan Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Keirsey Pada Siswa SMAN 1 Tanjung
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan metakognisi siswa serta kesulitan yang dialaminya dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian menurut David Keirsey pada siswa kelas XI SMAN 1 Tanjung. Penelitian ini diharapkan mampu untuk menganalisis sejauh mana kemampuan metakognisi yang dimiliki siswa serta kesulitan yang dialaminya dalam memecahkan suatu permasalahan matematika dengan kepribadian yang dimilikinya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tipe kepribadian Keirsey, tes soal kemampuan pemecahan masalah, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik, yaitu membandingkan hasil tes soal kemampuan pemecahan masalah dengan hasil wawancara dari masing-masing subjek bertipe kepribadian guardian, artisan, rational, dan idealist. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan tipe kepribadian guardian dan artisan tidak mengalami kesulitan metakognisi dalam memecahkan masalah matematika, kedua subjek ini mampu memenuhi semua indikator metakognisi yaitu perencanaan (planning), pemantauan (monitoring), dan evaluasi (evaluation). Siswa yang memiliki kepribadian rational mengalami kesulitan metakognisi pada tahap evaluasi (evaluation), sedangkan siswa yang memiliki tipe kepribadian idealist mengalami kesulitan metakognisi dalam memecahkan masalah matematika pada perencanaan (planning) dan evaluasi (evaluation), akan tetapi dalam wawancara mampu menyampaikan dengan tepat dan benar.
24SK2426111.00 | SK TM 24.111 TSA a | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain