SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw Berbantuan Handout Dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Materi Statistika Kelas VII SMP Negeri 2 Ulujami
Pentingnya pemahaman konsep pada pembelajaran matematika. Siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Ulujami masih memiliki pemahaman konsep matematika yang rendah. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran matematika yang dilakukan tidak dapat menarik minat siswa untuk belajar matematika. Pemilahan model pembelajaran yang kurang menarik cenderung membuat siswa pasif, karena siswa hanya menerima materi yang diajarkan guru dan tidak benar-benar paham dengan apa yang diajarkan. Sehingga ketika siswa dihadapkan dengan suatu masalah, siswa akan mengalami kesulitan karena pemahaman konsep yang dimiliki siswa terhadap suatu materi kurang. Melihat keadaan tersebut, maka peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw berbantuan handout karena model pembelajaran ini akan membuat siswa lebih aktif dan bersemangat dalam belajar matematika, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw berbantuan handout efektif dalam peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi statistika? Tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakah model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw berbantuan handout efektif dalam peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi statistika. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Ulujami menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest posttest control group design, pendekatan kuantitatif, dan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 62 siswa. Pengumpulan data dilakukan sebelum dan setelah proses pembelajaran dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematika sebanyak 5 soal pre-test dan 5 soal post-test. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw berbantuan handout cukup efektif dalam peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi statistika. Hasil ini dapat dilihat dari uji hipotesis menggunakan independent samples t-test yang menyatakan bahwa nilai t hitung 8,282 dan diperoleh t tabel sebesar 2,000 pada taraf signifikan (α = 0,05) dengan derajat kebebasan (df = 60). Dengan demikian nilai t hitung > t tabel, maka dapat disimpulkan bahwa H_(0 ) ditolak dan H_(1 )diterima. Sehingga dapat diartikan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw berbantuan handout dengan pembelajaran konvensional berbeda secara signifikan. Berdasarkan hasil uji N-gain score menyatakan bahwa pembelajaran di kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional mendapat nilai rata-rata normalized gain sebesar 0,4725 atau 47,25% dengan kriteria kurang efektif. Sedangkan di kelas eksperimen mendapatkan angka rata-rata normalized gain sebesar 0,6999 atau 69,99% yang artinya pembelajaran di kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw berbantuan handout masuk dalam kategori cukup efektif. Maka dari itu, model pembelajaran quick on the draw berbantuan handout dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.
24SK2426109.00 | SK TM 24.109 MIL e | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain