SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Studi Komparasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repitition (AIR) Dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 16 Pekalogan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya pemahaman siswa dalam menjawab soal matematika sehingga berdampak pada prestasi belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repitition dan model pembelajaran Think Pair Share terhadap Prestasi Belajar Matematika.Variabel yang diukur dari penelitian ini adalah prestasi belajar matematika dalam mata pelajaran luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung. Adapun tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repitition. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Think Pair Share. 3) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repitition sama baiknya dengan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan quasi experimental desain dimana populasi penelitiannya adalah siswa kelas IX SMPN 16 Pekalongan tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik culster random sampling. Dalam populasi diambil sampel 2 kelas yaitu kelas IX C sebegai kelas eksperimen 1 dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repitition, kelas IX D sebagai kelas eksperimen 2 dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mengukur prestasi belajar . Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata, yang selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Auditory Intellelctually Repitition dapat meningkatkan prestasi belajar siswa secara sigifikan ; (2) prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan prestasi belajar siswa secara sigifikan ; (3) prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Auditory Intellelctually Repitition sama baiknya dengan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Think Pair Share.
24SK2426108.00 | SK TM 24.108 NUR s | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain