SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Adaptive Dan Maladaptive Help Seeking Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTS N 1 Pemalang
Matematika merupakan salah satu bidang studi yang dianggap sulit, tapi dalam ikenyataannya itidak isemua isiswa ikhususnya iusia iremaja isecara iaktif imencari ibantuan iketika imembutuhkannya. iBeberapa isiswa imenahan idiri idari itindakan imencari ibantuan iketika imereka imembutuhkan. Setidaknya ada tiga macam perilaku mencari bantuan yang biasa dilakukan oleh siswa ketika mendapatkan kesulitan dalam belajar matematika. Pertama, adalah perilaku mencari bantuan adaptif (adaptive help seeking), yaitu perilaku mencari bantuan yang dilakukan ketika siswa membutuhkan dengan maksud untuk memperoleh bantuan minimum yang cukup untuk berprestasi secara independen. Kedua, adalah perilaku mencari bantuan eksekutif (executive help seeking), yaitu perilaku mencari bantuan yang dilakukan ketika siswa tidak membutuhkan yang dimaksudkan untuk memperoleh manfaat dalam melengkapi tugas dengan segera. Ketiga, adalah perilaku mencari bantuan tertutup (avoidance convert help seeking) yaitu perilaku menghindari perilaku mencari bantuan secara terbuka dan mencari bantuan secara tertutup yang dimaksudkan untuk menutupi ketidakmampuan. Yang kemudian perilaku mencari bantuan eksekutif dan tertutup dikategorikan sebagai perilaku mencari bantuan maladaptif (maladaptive help seeking). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh adaptive dan maladaptive help seeking terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 1 Pemalang. Tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh adaptive dan maladaptive help seeking terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 1 Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan metode pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di MTsN 1 Pemalang kelas VIII Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah sampel 62 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel adaptive help seeking dan variabel maladaptive help seeking, dan analisis data menggunakan metode analisis regeresi linier sederhana. Hasil dan kesimpulan penelitaan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan (24,6%) antara adaptive help seeking terhadap prestasi belajar dan pengaruh yang negatif dan signifikan (31,9%) antara maladaptive help seeking terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTsN 1 Pemalang. Berarti semakin tinggi tingkat adaptive help seeking dalam belajar matematika, maka akan diikuti dengan prestasi belajar yang baik dan semakin tinggi atau sering siswa berperilaku maladaptive help seeking akan diikuti dengan menurunnya prestasi belajar matematika pula.
24SK2426104.00 | SK TM 24.104 MUH p | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain