SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis Dan Kecerdasan Visual-Spasial Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Kelas VIII
Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 01 Bojong diketahui bahwa untuk kemampuan kecerdasan matematis-logis dan kecerdasan visual-spasial peserta didik dalam memecahkan masalah geometri masih rendah dan kurangnya siswa memperhatikan pembelajaran jika tidak menggunakan media visual yang dapat diperlihatkan guna memudahkan peserta didik untuk mengenal bentuk dalam memecahkan masalah geometri. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana tingkat pengaruh kecerdasan matematis-logis terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri kelas VIII di SMP Negeri 01 Bojong? 2) Bagaimana tingkat pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri kelas VIII di SMP Negeri 01 Bojong? 3) Bagaimana tingkat pengaruh kecerdasan matematis-logis dan kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri kelas VIII di SMP Negeri 01 Bojong? Tujuan penelitian ini sebegai berikut: 1) Untuk mengetahui tingkat pengaruh kecerdasan matematis-logis terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri kelas VIII di SMP Negeri 01 Bojong 2) Untuk mengetahui tingkat pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri kelas VIII di SMP Negeri 01 Bojong 3) Untuk menganalisis tingkat pengaruh kecerdasan matematis-logis dan kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri kelas VIII di SMP Negeri 01 Bojong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitain ekspost fakto (expost facto research). Populasi dalam penelitain ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Bojong. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel tersebut diambil dua kelas VIII D sebagai kelas uji coba dan kelas VIII E sebagai kelas penelitian dengan masing-masing kelas berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner kecerdasan matematis-logis, kecerdasan visual-spasial, dan tes kemampuan pemecahan masalah geometri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji hipotesis (Uji F dan uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh kecerdasan matematris-logis terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri di SMP Negeri 01 Bojong sebesar thitung -3,155 > ttabel 1,699. 2) Terdapat pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri di ix SMP Negeri 01 Bojong sebesar thitung 5,241 > ttabel 1,699. 3) Terdapat pengaruh kecerdasan matematris-logis thitung -3,155 < ttabel 1,699 dan kecerdasan visual–spasial thitung 5,241 > ttabel 1,699 terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri di SMP Negeri 01 Bojong.
24SK2426097.00 | SK TM 24.097 NUN p | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain