SKRIPSI IAT
Pembelajaran Tajwid Melalui Buku Standar Tajwid Karya KH. Maftuh di Pondok Pesantren Sirojuttholibin Pekalongan
Penelitian ini mengkaji tentang pembelajaran tajwid melalui buku standar tajwid karya K.H. Maftuh di Pondok Pesantren Sirojuttholibin pekalongan, berdasarkan observasi di lapangan pembelajaran tajwid ini tidak menggunakan metode metode pembelajaran tajwid yang populer pada umumnya, seperti metode yang digunakan lembaga ponpes yang lain. Di samping itu masih terdapat santri yang belum lancar dalam membaca al-Qur’an dan belum mengetahui tentang tanda baca al-Qur’an yang dipelajari selama di Pondok. Rumusan dari penelitian ini adalah 1) bagaimana pelaksaan Pembelajaran tajwid melalui buku Standar karya K.H Maftuh bastul birri di Pondok Pesantren Sirojuttholibin Pekalongan? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam Pembelajaran tajwid melalui Buku Standar Tajwid Karya K.H. Maftuh bastul birri di Pondok Pesantren Sirojuttholibin Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tajwid melalui Buku Standar Tajwid Karya K.H. Maftuh Bastul Birri di Pondok Pesantren Sirojuttholibin Pekalongan. Untuk mengetahui Apa faktor pendukung dan penghambat dalam Pembelajaran tajwid melalui buku Standar Tajwid karya KH. Maftuh Bastul Birri di Pondok Pesantren Sirojuttholibin Pekalongan. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan wawasan. Dapat menjadi referensi penting bagi mahasiswa yang tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai bacaan al-Qur'an dengan buku standar tajwid Penelitian ini termasuk penelitian Field Research dengan menggunakan metode kualitatif. Dengan pendekatan Ilmu Tajwid. Sumber data primer dapat diambil dari hasil wawancara dan sumber data sekunder dapat diambil dari buku standar tajwid karya KH. Maftuh. Adapun teknik pengumpulan data dapat diambil dari hasil wawancara, dokumentasi, atau karya tulis lainnya. Teknik analisis dari penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran buku standar tajwid terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Dalam pembelajaran buku standar tajwid ustadz menggunakan beberapa metode pembelajaran seperti ceramah, metode ummi, talaqqi, metode demonstrasi. Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran buku standar tajwid yaitu ustadz yang berkompeten dan yang lainnya. Adapun faktor penghambat dalam pembelajaran buku standar tajwid yaitu keterbatasan waktu dan sarana kurang memadai.
24SK2431059.00 | SK IAT 24.059 RIZ p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain