SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Eksplorasi Etnomatematika Pada Program Tahfidzul Qur'an Santri Putri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien Bojong Pekalongan
Masalah kurangnya pemahaman tentang keterkaitan matematika dengan budaya serta kurangnya kesadaran tentang matematika yang terkandung di dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kegiatan keagamaan, memerlukan adanya pengedukasian lebih terkait matematika dalam budaya dan kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan penelitian yang mengkaji tentang aktivitas fundamental matematis dan konsep matematika misalnya dalam kegiatan tahfidzul qur’an. Dimana hasil dari penelitian tersebut dapat dijadikan referensi atau bahan edukasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana aktivitas fundamental matematis yang terdaapat pada program Tahfidzul Qur’an santri putri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan 2) Apa saja konsep matematika yang terdapat pada program Tahfidzul Qur’an santri putri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Program Tahfidzul Qur’an Santri Putri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan, terdapat aktivitas fundamental matematis menurut Bishop diantaranya yaitu aktivitas counting (menghitung) pada jumlah setoran ziyadah dan muroja’ah perhari, jumlah muroja’ah perkegiatan muroja’ah kelompok, dan waktu yang dibutuhkan untuk dapat melaksanakan simakan bilghaib, aktivitas location (menentukan lokasi) pada penentuan tempat kegiatan tahfidzul qur’an, simakan bilghaib, muroja’ah kelompok, dan posisi ustadzah dan santri saat kegiatan berlangsung, aktivitas measuring (mengukur) pada pengukuran durasi kegiatan tahfidzul qur’an, simakan bilghaib, dan muroja’ah kelompok, aktivitas designing (desain) pada pola yang terbentuk dari posisi santri saat tahfidzul qur’an dan muroja’ah kelompok, aktivitas playing (bermain) pada aturan pengelompokan santri untuk kegiatan muroja’ah berkelompok, dan cara-cara dalam menghafal Al-Qur’an, dan aktivitas explaining (menjelaskan) pada penjelasan tentang kegiatan-kegiatan pada program Tahfidzul Qur’an dan manfaat menghafal Al-Qur’an. Dan juga terdapat konsep matematika dasar diantaranya konsep bilangan dan pengoperasiannya, konsep himpunan, dan konsep geometri segiempat.
24SK2426092.00 | SK TM 24.092 HAL e | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain