SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Matriks Kelas XI SMK N 1 Kedungwuni
Banyaknya masalah pendidikan di era sekarang menyebabkan rendahnya pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran. Selain itu, bahan ajar yang kurang mendukung dan masih terlalu monoton juga menjadi salah satu penyebabnya. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dan kreatifitas guru dalam meningkatkan motivasi dan semangat peserta didik. Salah satunya dengan mengembangkan lembar kerja peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana tingkat validitas pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembelajaran discovery learning pada materi matriks di kelas XI SMK N 1 Kedungwuni?, 2) Bagaimana tingkat kepraktisan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembealajaran discovery learning pada materi matriks di kelas XI SMK N 1 Kedungwuni?, 3) Bagaimana tingkat efektivitas pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembelajaran discovery learning pada materi matriks di kelas XI SMK N 1 Kedungwuni? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dan model pengembangannya menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes hasil belajar.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan produk, analisis kepraktisan produk dan analisis keefektifan produk. Hasil pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis model pembelajaran discovery learning pada poko bahasan matriks kelas XI SMKN 1 Kedungwuni yang berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi dinyatakan valid dengan presentase 84,7% dengan kategori “sangat valid” untuk ahli media dan 93,14% untuk ahli materi dengan kategori “sangat valid”. Kemudian kepraktisan yang diperoleh dari angket ke peserta didik memperoleh presentase 83,71% dengan kategori “sangat praktis”. Sedangkan berdasarkan hasil tes hasil belajar peserta didik, menunjukkan bahwa rata-rata dari tes hasil belajar adalah 80,00% dengan kategori “efektif”.
24SK2426091.00 | SK TM 24.091 DIA p | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain