SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Implementasi Geogebra Pada Materi Persamaan Kuadrat Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kesulitan mengingat informasi atau pemahaman yang sudah diperoleh, kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematika, dan media pembelajaran pada materi persamaan kuadrat sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahaminya, maka salah satu teknik untuk melihat pemahaman siswa tentang konsep matematika yaitu dengan representasi matematika yaitu diperlukan inovasi yang dapat dilakukan dengan mengimplementasikan media pembelajaran geogebra. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi geogebra pada materi persamaan kuadrat untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan dan bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi geogebra pada materi persamaan kuadrat untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi geogebra pada materi persamaan kuadrat untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi geogebra pada materi persamaan kuadrat untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru matematika kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan dan siswa kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa diperoleh dari data nilai tes kemampuan pemahaman matematika siswa kemudian keberhasilan implementasi geogebra diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga kategori siswa dalam pemahaman konsep matematika pada materi persamaan kuadrat, yaitu kategori tinggi mampu memenuhi semua indikator pemahaman konsep, kategori sedang juga dapat memenuhi indikator-indikator tersebut, namun masih terdapat beberapa kekeliruan kategori rendah belum mampu memenuhi semua indikator pemahaman konsep secara baik. Implementasi geogebra dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi persamaan kuadrat kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan. Serta adanya faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi geogebra pada materi persamaan kuadrat untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan.
24SK2426088.00 | SK TM 24.088 LUK i | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain