SKRIPSI PGMI
Analisis Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di SD Negeri Kramatsari 01 Kota Pekalongan
Sekolah merupakan pendidikan formal dimana seorang pendidik dan peserta didik berpartipasi aktif dalam pembelajaran di sekolah. Sekolah yang terdapat program yang memperhatikan, menjamin dan memenuhi mutu pendidikan yang baik dan berkualitas ialah sekolah ramah anak. Jika program ini merupakan upaya untuk mencapai haknya atas rasa aman, nyaman, bersih, indah dan sehat, maka harus memperhatikan lingkungan yang mampu memberikan keselamatan, memenuhi, menjamin rasa aman, serta perlindungan bagi peserta didik kita. Sedangkan peserta didik diharapkan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran untuk memperoleh berbagai pengalaman dan pengetahuan yang luas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program sekolah ramah anak di SD Negeri Kramatsari 01 Kota Pekalongan dan mengetahui dampak dari pelaksanaan program sekolah ramah anak di SD Negeri Kramatsari 01 Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru, tim sekolah ramah anak, peserta didik dan orang tua. teknik menggunakan model analisis miles dan huberman. Hasil Penelitian ini adalah 1) program sekolah ramah anak di SD Negeri Kramatsari 01 Kota Pekalongan mampu mewujudkan sekolah yang mencapai haknya atas rasa aman, nyaman, bersih, indah dan sehat, maka harus memperhatikan lingkungan, yang mampu memberikan keselamatan, memenuhi, menjamin rasa aman, serta perlindungan bagi peserta didik dengan di dukung oleh sarana prasarana yang memadai. 2) Pelaksanaan program sekolah ramah anak di SD Negeri Kramatsari 01 memiliki beberapa kegiatan yang mengarah pada terwujudnya program sekolah ramah anak yang sesuai kebijakan sekolah ramah anak di SD Negeri Kramatsari 01, kegiatan tersebut terbagi menjadi 3 kegiatan : Intrakurikuler, Ekstrakurikuler dan Kokurikuler. 3). Program-program sekolah ramah anak yang dilaksanakan di SD Negeri Kramatsari 01 seperti : pembiasan 3S, BTQ pagi, KOMBEL, IHT, penanganan anak inklusi, penghargaan khusus, UKS, fasilitas bimbingan konseling, sekolah bebas rokok dan NAPZA. 4) pelaksanaan program sekolah ramah anak di SD Negeri Kramatsari 01 dilakukan dengan cara 4 tahapan, yaitu : tahapan persiapan, tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan dan tahapan pemantauan atau evaluasi. 5) Dampak dari pelaksanaan program Sekolah Ramah di SD Negeri Kramatsari 01 dapat dikategorikan dalam 3 komponen utama, yakni dampak pada siswa, guru, dan sekolah.
24SK2423215.00 | SK PGMI 24.215 NAI a | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain