SKRIPSI BPI
Strategi Bimbingan Islami Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Problem Keluarga (Studi Kasus SMP Muhamadiyah Bligo)
Motivasi belajar adalah dorongan atau kehendak siswa untuk mencari pengetahuan, memahami konsep, mengembangkan keterampilan, dan mencapai tujuan akademis atau pendidikan secara keseluruhan. Motivasi dalam proses belajar membutuhkan bantuan guru BK dengan adanya Strategi Bimbingan Islami merupakan pendekatan yang didasarkan pada prinsip-prinsip Islami untuk memberikan bimbingan dan dukungan kepada individu dalam mencapai tujuan spiritual, sosial dan pribadi mereka. Permasalahan yang akan dibahas di skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana motivasi belajar siswa dengan problem keluarga studi kasus SMP Muhammadiyah Bligo, 2) Bagaimana Strategi Bimbingan Islami dalam mengembangkan motivasi belajar siswa dengan problem keluarga studi kasus SMP Muhammadiyah Bligo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif bertujuan untuk menggambarkan, memahami, dan mengeksplorasi keadaan, kejadian, kegiatan, lingkungan, pemikiran serta tindakan individu maupun kelompok dalam konteks yang alami dan tidak terstruktur. Sumber data menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer yaitu guru BK dan dua siswa SMP Muhammadiyah Bligo, dan sumber data sekunder yaitu berbagai referensi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Bimbingan Islami dalam mengembangkan motivasi belajar siswa studi kasus SMP Muhammadiyah Bligo, guru bk sudah melaksanakan Strategi Bimbingan Islami sesuai dengan perannya yaitu guru sebagai dedikasi dan berkomitmen terhadap pendidikan dalam perkembangan siswa menjadi faktor kunci utama dalam mengembangkan motivasi belajar.
24SK2435164.00 | SK BPI 24.164 AGN s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain