SKRIPSI BPI
Pelaksanaan Bimbingan Islami Untuk Mencegah Perilaku Seksual Berisiko Remaja Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 2 Pemalang
Remaja tunagrahita ringan di SLB Negeri 2 Pemalang menggunakan smartphone bukan untuk belajar, namun digunakan untuk menonton film dewasa, menyebarkan video syur dan berkenalan dengan lawan jenis di media sosial seperti facebook. Hal ini dapat menyebabkan perilaku seksual berisiko. Sehingga solusi dalam membantu remaja tunagrahita ringan untuk mencegah perilaku seksual berisiko di SLB Negeri 2 Pemalang melalui bimbingan islami. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) bagaimana kondisi perilaku seksual berisiko remaja tunagrahita ringan di SLB Negeri 2 Pemalang?, 2) bagaimana pelaksanaan bimbingan islami untuk mencegah perilaku seksual berisiko remaja tunagrahita ringan di SLB Negeri 2 Pemalang?. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui kondisi perilaku seksual berisiko remaja tunagrahita ringan di SLB Negeri 2 Pemalang, 2) untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan islami untuk mencegah perilaku seksual berisiko remaja tunagrahita ringan di SLB Negeri 2 Pemalang. Kegunaan dari penelitian ini menjadi bahan pengetahuan dan keilmuan dalam bidang bimbingan penyuluhan islam. Jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi perilaku seksual berisiko remaja tunagrahita ringan sebelum mengikuti bimbingan islami yaitu memiliki perasaan tertarik hingga berkencan, berpelukan, bercumbu, dan menonton tayangan dewasa. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan, media informasi, norma agama, orang tua, dan teman sebaya. Namun setelah adanya bimbingan islami, remaja tunagrahita ringan dapat mencegah perilaku seksual berisiko. Adapun pelaksanaan bimbingan islami dilaksanakan di mushola, dengan menggunakan metode kelompok, ceramah, dan keteladanan. Asas bimbingan Islami yang digunakan yaitu asas keterbukaan. Materi yang disampaikan mengenai ibadah, aqidah, dan akhlak.
24SK2435158.00 | SK BPI 24.158 RIF p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain