SKRIPSI BPI
Pelaksanaan Strategi Bimbingan Kelompok Dalam Menangani Kesulitan Belajar Pada Siswa Kelas 5 SD N Banyurip Ageng Pekalongan
Kesulitan belajar pada anak tidak hanya sekadar menjadi hambatan dalam memahami materi pelajaran. Salah satu elemen krusial yang memunculkan kesulitan belajar adalah perubahan dalam kurikulum Pendidikan. Meskipun tujuan dari perubahan kurikulum adalah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, sering kali dampaknya menghadirkan tantangan baru bagi siswa. Salah satu pendekatan yang telah terbukti efektif adalah strategi bimbingan kelompok. Melalui bimbingan kelompok, guru dapat memberikan bantuan yang lebih intensif kepada siswa yang memungkinkan siswa mengalami kesulitan belajar yang diakibatkan oleh perubahan kurikulum. Pada penelitian ini, peneliti merumuskan dua rumusan masalah yang akan diangkat ke dalam penelitian ini diantaranya bagaimana kesulitan belajar akibat perubahan kurikulum pada siswa kelas 5 SDN Banyurip Ageng Pekalongan dan bagaimana strategi bimbingan kelompok dalam menangani kesulitan belajar pada siswa kelas 5 SDN Banyurip Ageng Pekalongan. dengan adanya rumusan masalah tersebut, maka peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar siswa kelas 5 dalam perubahan kurikulum di SDN Banyurip Ageng Pekalongan dan untuk mendeskripsikan strategi bimbingan kelompok dalam menangani kesulitan belajar. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti berupa penelitian lapangan (field research) jenis kualitatif. Penelitian lapangan (field research). Data penelitian yang diambil berupa data primer yang didapatkan secara langsung dari sumber data utama atau responden berupa kepala sekolah, walikelas 5 dan siswa kelas 5 serta data sekunder didapat dari kajian literatur dari buku, skripsi, jurnal, dan lainnya. teknik pengumpulan data yang diterapkan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisis data menerapkan teknik analisis data milik Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat beberapa hasil yang didapat diantaranya adalah: (1) analisis kesulitan belajar pada siswa kelas 5 SDN Banyurip Ageng Pekalongan. (2) pelaksanaan strategi bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi kelompok pada siswa kelas 5 SDN Banyurip Ageng Kota Pekalongan.
24SK2435157.00 | SK BPI 24.157 LAI p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain