SKRIPSI BPI
Peran Guru BK Dalam Mengembangkan Kontrol Diri Siswa Kelas XI IPA Di SMA Islam Ahmad Yani Batang
Kontrol diri di katakan sebagai kecakapan makhluk sosial untuk mengelola dan mengendalikan diri dari perilaku sosial yang kurang pantas. Kontrol diri berhubungan dengan kemampuan individu dalam mengontrol emosi. Kontrol diri dapat diartikan suatu aktivitas pengendalian diri atau pola tindak tanduk yang dilakukan oleh seseorang untuk mengontrol diri mereka secara emosional. Tugas dari guru BK adalah mengarahkan, mengatur, dan membimbing siswa dalam menemukan potensi diri, membantu siswa dalam hal mengarahkan karir siswa sebagai bekal siswa untuk masa yang akan datang. Guru BK juga berperan dalam membimbing dan mengarahkan siswa dalam mengontrol pengendalian dirinya agar siswa lebih terkontrol. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kondisi kontrol diri siswa kelas XI IPA di SMA Islam Ahmad Yani Batang ?; (2) Bagaimana Peran Guru BK dalam mengembangkan kontrol diri siswa kelas XI IPA di SMA Islam Ahmad Yani Batang ?; (3) Bagaimana Faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kontrol diri siswa kelas XI IPA di SMA Islam Ahmad Yani Batang. Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui Peran Guru BK dalam mengembangkan kontrol diri siswa kelas XI di SMA Islam Ahmad Yani Batang. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Dimana metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sumber-sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Peran Guru BK dalam mengembangkan kontrol diri siswa kelas XI IPA di SMA Islam Ahmad Yani Batang dengan mengacu pada kontrol perilaku, kontrol kognitif dan kontrol keputusan pada siswa. pada kontrol perilaku dilakukan dengan berperan sebagai motivator yang memberikan motivasi kepada siswa dan memberi mnasihat agar perilaku siswa senantiasa terkontrol. Untuk mengembangkan kontrol perilaku siswa, guru Bk bertindak sebagai pembimbing dan fasilitator siswa. Serta dalam mengembangkan kontrol keputusan Guru BK menempatkan diri sebagai teman pada siswanya dan memberikan punishment pada siswa yang melanggar peraturan.
24SK2435133.00 | SK BPI 24.133 FAN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain