SKRIPSI KPI
Youtube Sebagai Media Dakwah di Era Digital (Analisis Terhadap Anza Channel KH. Anwar Zahid)
Di era globalisasi saat ini kebutuhan masyarakat akan informasi semakin tinggi. Masyarakat dengan berbagai cara berusaha memenuhi kebutuhan informasi yang diinginkan. Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin pesat membawa perubahan yang cukup besar dan berlangsung demikian cepat. Salah satu bukti kemajuan teknologi yakni munculnya new media atau media baru seperti YouTube yang saat ini menjadi platform nomer satu sebagai media sosial yang digunakan oleh masyarakat dalam mencari atau mengakses sebuah informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penggunaan YouTube Anza Channel sebagai media dakwah di era digital dan Bagaimana motif viewer dalam menggunakan YouTube Anza Channel. Metode yang digunakan peneliti ialah dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang menggambarkan bagaimana Anza Channel KH. Anwar Zahid menggunakan YouTube sebagai media dakwah di era digital. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan: Pertama, Anza Channel KH. Anwar Zahid adalah salah satu kanal yang menggunakan YouTube sebagai platform untuk menyebarkan informasi syiar Islam. Kehadiran platform ini sangat mempermudah pengguna untuk memperkenalkan, menyebarkan, dan memengaruhi masyarakat melalui video yang diunggah oleh pengelola. Dalam menyebarkan informasi, Anza Channel memiliki beberapa langkah untuk menyusun atau menyajikan pesan dakwah agar bisa diterima oleh masyarakat yaitu menentuan judul atau tema, editing, jadwal upload, penyebarluasan informasi. Kedua, Motif penggunaan YouTube Anza Channel KH. Anwar Zahid dalam memenuhi kebutuhan informasi keislaman di era digital, yaitu meliputi motif informasi berkaitan dengan pemahaman pengguna terhadap informasi keislaman guna menambah ilmu pengetahuan sesuai dengan kebutuhannya. Motif identitas pribadi berkaitan dengan perasaan pengguna ketika menonton konten Anza Channel KH. Anwar Zahid, yaitu memberikan pengguna untuk bisa meningkatkan nilai-nilai kepribadian lewat pemahaman akan pengetahuan keislaman. Motif integritas dan interaksi sosial terkait dengan kebutuhan pribadi yang berkaitan dengan hubungan pengguna dengan teman, keluarga, dan masyarakat umum, yaitu pengguna menggunakan YouTube untuk berinteraksi dan tanya jawab antar pengguna YouTube maupun mengapresiasi kreator video tersebut. Motif hiburan, pengguna menonton informasi keislaman guna memperoleh kenyamanan, bersantai, dan mengisi waktu luang
24SK2434157.00 | SK KPI 24.157 MAL y | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain