SKRIPSI KPI
Strategi Komunikasi Kementerian Agama Kota Pekalongan Dalam Mendorong Sertifikasi Halal Bagi Pelaku UMKM di Kota Pekalongan
Permasalahan saat ini adalah untuk mendukung pemerintah dalam rangka program satu juta sertifikasi halal gratis 2023, pelaku UMKM kuliner harus mempunyai sertifikasi halal Kementerian Agama Kota Pekalongan harus melakukan sosialisasi dengan menggunakan strategi komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Kementerian Agama kota Pekalongan dalam mendorong sertifikasi halal bagi pelaku UMKM di Kota Pekalongan dan bagaimana model komunikasi Kementerian Agama yang digunakan untuk mendorong sertifikasi halal pada produk makanan. Namun, peneliti hanya memfokuskan pada strategi komunikasi Kementerian Agama Kota Pekalongan dalam mendorong sertifikasi halal bagi pelaku UMKM di Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dan menggunakan teori SWOT dalam melakukan analisisnya. Selain itu, peneliti juga melakukan wawancara dengan beberapa informan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kementerian Agama Kota Pekalongan menggunakan strategi komunikasi seperti menentukan sasaran, informasi dan edukasi (seminar, pelatihan serta konsultasi), dan menggunakan website pribadi sebagai sosialisasi dengan menggunakan media. Selain itu, Kementerian Agama Kota Pekalongan juga mengggunakan model komunikasi untuk sosialisasi seperti media massa (cetak atau elektronik), dan media sosial. Namun, dari survei secara langsung masih banyak masyarakat Kota Pekalongan belum menyadari pentingnya sertifikasi halal bagi pelaku UMKM.
24SK2434156.00 | SK KPI 24.156 ADE s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain