SKRIPSI KPI
Eksistensi Dakwah Menggunakan Wayang (Studi Terhadap Channel Youtube Putra Satria Laras)
Di zaman modern ini jarang sekali berdakwah menggunakan wayang karena dianggap sebagai media kuno yang tidak relevan dengan masa kini, namun tidak dengan channel YouTube “Putra Satria Laras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi berdakwah menggunakan wayang di era digitalisasi serta penggunaan bahasa dan dialog pagelaran wayang di channel YouTube Putra Satria Laras. Penelitian ini mengkaji bagaimana wayang sebagai media tradisional dapat beradaptasi dan tetap relevan dalam menyampaikan pesan dakwah di era digital. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah masih eksis berdakwah menggunakan wayang di era digital dan bagaimana respon mad‟u terkait itu. Metode penelitian yang digunakan adalah teori analisis konten dan teori penggunaan dan kepuasan media dengan pendekatan etnografi virtual. Teknik pengumpulan data melalui observasi secara langsung ke Sanggar Satria Laras dan mengobservasi tayangan video yang ada di channel YouTube Putra Satria Laras. Selain itu ada juga wawancara dengan pemilik akun YouTube tersebut sekaligus dalang yang menggelar pentas wayang, teknik pengumpulan data yang lain yaitu dokumentasi yaitu dengan mencatat kalimat yang ada dan mengcapture video yang menjadi salah satu konten yang akan diteliti. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa akun YouTube Putra Satria Laras menghadapi tantangan signifikan dalam mempertahankan eksistensi dakwah di era digital. Data menunjukkan bahwa tidak ada peningkatan jumlah viewer yang signifikan dan komentar juga mengalami penurunan. Hal ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan saat ini kurang efektif dalam menarik dan mempertahankan perhatian audiens. Kendala menunjukkan perlunya evaluasi dan pengembangan strategi baru untuk meningkatkan daya tarik dan interaksi audiens. Namun demikian, respon mad‟u yang dapat dilihat dari hasil analisis komentar dapat disimpulkan bahwa mad‟u memberikan respon positif dan mendukung supaya Ki Haryo meneruskan berdakwah melalui wayang di media YouTube yang sudah dilakukannya selama ini.
24SK2434119.00 | SK KPI 24.119 DWI e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain