SKRIPSI PBS
Pengaruh Kemudahan Pengguna, Pengetahuan Pengguna, Dan Keamanan Pengguna Terhadap Minat Penggunaan Layanan M-Banking
Pengaruh Kemudahan Pengguna, Pengetahuan Pengguna, Dan Keamanan Pengguna Terhadap Minat Penggunaan Layanan M-Banking Sebagai Metode Pembayaran UKT Mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pemanfaatan layanan perbankan berbasis teknologi, khususnya M-Banking, mengalami pertumbuhan yang signifikan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Namun mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan yang mayoritas memiliki usia dalam skala generasi Z, hal ini seharusnya berpotensi terhadap peningkatan jumlah minat penggunaan M-Banking dalam skala institusi. Namun, berdasarkan temuan pra survey peneliti, minat mahasiswa dalam penggunaan M-Banking masih rendah, Hasilnya, dari 27 responden pra survey hanya ada 5 responden yang menggunakan dan 22 lainnya tidak menggunakan M-Banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan pengguna, pengetahuan pengguna, dan keamanan pengguna terhadap minat penggunaan sebagai metode pembayaran UKT mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisa outer model, analisa inner model dan pengujian hipotesis dengan menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukan variabel kemudahan pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan, karena dengan mobilitas di zaman sekarang yang menuntut untuk cepat dan efisien menjadikan banyak masyarakat terkhusus mahasiswa lebih memilih cara praktis dalam melakukan transaksi tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor bank langsung. Variabel pengetahuan pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan, karena dari pernyataan mereka menunjukkan bahwa, sekarang ini generasi muda terkhusus mahasiswa sudah sadar atau melek akan teknologi keuangan menjadi salah satu faktor yang memunculkan minat mereka untuk menggunakan produk-produk perbankan. Variabel keamanan pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan, karena persepsi mahasiswa terkait keamanan pengguna ialah jika suatu layanan M-Banking yang terjamin keamanannya ketika nasabah atau mahasiswa tidak merasa takut dan merasa aman akan menggunakannya sehingga dapat mempengaruhi dan menumbuhkan minat penggunaan.
24SK2442141.00 | SK PBS 24.141 MUH p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain