SKRIPSI PBS
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Bagi Hasil Terhadap Kepuasan Menabung di Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus BSI KCP Pekalongan Kajen)
Kualitas pelayanan merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan. Apabila terkait dengan kualitas pelayanan, ukurannya bukan hanya ditentukan oleh pihak yang melayani (perusahaan) saja, tetapi lebih banyak ditentunkan oleh pihak yang dilayani, karena merekalah yang menikmati pelayanan berdasarkan harapan-harapan mereka dalam memenuhi kepuasannya. Dalam melayani sebaiknya petugas bank mampu memahami dan mengerti akan sifat masing-masing nasabahnya. Hal ini di disebabkan setiap nasabah memiliki sifat yang berbeda-beda. Kualitas pelayanan yang diberikan pada bank syariah pada nasabah sangat berpengaruh, seperti pada umumnya pelayanan yang diberikan kepada nasabah sangat memuaskan dan memudahkan akan membuat sangat senang para nasabah. Penelitian kuantitatif adalah metode penyelidikan yang digunakan dalam penelitian ini. Pendekatan ini seharusnya menekankan aspek fenomena sosial yang dapat diukur secara objektif. Setiap kejadian atau fenomena diubah menjadi sejumlah komponen masalah, variabel dan indikator agar dapat diukur. Kategori informasi yang terkait dengan setiap variabel yang disebutkan digunakan untuk menentukan nilainya. Dengan menggunakan teknik perhitungan secara kuantitatif matematik menggunakan simbol-simbol angka dapat memberikan temuan dan suatu kesimpulan yang diterima secara umum. Hasil pengujian secara parsial telah membuktikan terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap Keputusan menabung. Melalui hasil perhitungan t hitung untuk variabel kualitas pelayanan sebesar 3,769 > t tabel (3,769 > 166105) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa pengujian tersebut menerima Ha1 yang menyatakan adanya pengaruh diantara kualitas pelayanan terhadap Keputusan menabung diterima. Hasil penelitian ini mendukung kualitas pelayanan (variabel independent) terhadap Keputusan menabung (variabel dependen). Hal ini selaras dengan Theory Reasoned Action (TRA) yang menjelaskan upaya untuk menawarkan konsistensi tentang hubungan antara perilaku dan sikap. Sejauh mana seseorang memiliki pendapat yang menguntungkan atau negatif tentang perilaku yang dipermasalahkan ditentukan oleh teori sikap Ajzen tentang perilaku. Kepercayaan nasabah berkomponen penting untuk menjaga hubungan yang berkelanjutan diantara semua pihak yang terlihat dalam bisnis. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Keputusan Menabung, Bank Syariah Indonesia
24SK2442137.00 | SK PBS 24.137 NUR p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain