SKRIPSI PBS
Pengaruh Kelompok Referensi, Kepercayaan, Promosi Dan Pelayanan Prima Terhadap Keputusan Anggota Dalam Memilih Simpanan Masyarakat (SIMAS) di KSPPS KOPSIM NU Batang
Keputusan menabung merupakan suatu keputusan yang dibuat oleh individu untuk menyisihkan sebagian dari pendapatannya untuk disimpan di masa depan. Kelompok referensi adalah kelompok sosial yang menjadi acuan bagi individu dalam berperilaku dan mengambil keputusan. Kemudian kepercayaan dapat diartikan sebagai keyakinan individu terhadap keamanan dan keandalan lembaga keuangan. Promosi adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan dan menarik minat konsumen terhadap suatu produk atau layanan. Pelayanan prima adalah pelayanan yang sangat baik dan melebihi harapan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kelompok referensi, kepercayaan, promosi, dan pelayanan prima terhadap keputusan anggota dalam memilih simpanan msyarakat (Simas) di KSPPS KOPSIM NU Batang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 5.198. Sampel yang diambil sebanyak 98 responden dengan rumus slovin dan standar error yang ditetapkan yaitu 10%. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian berdasarkan uji t menunjukkan bahwa secara parsial kelompok referensi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan anggota dalam memilih Simas. Sementara kepercayaan, promosi, dan pelayanan prima berpengaruh signifikan terhadap keputusan anggota dalam memilih Simas. Kemudian secara simultan variabel kelompok referensi, kepercayaan, promosi, dan pelayanan prima berpengaruh signifikan terhadap keputusan anggota dalam memilih Simas.
24SK2442136.00 | SK PBS 24.136 TAL p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain