SKRIPSI TP
Pengaruh Zikir Terhadap Perilaku Qona'ah Pada Remaja di Panti Asuhan Dewi Masyithoh Pemalang
Anak yang tumbuh di lingkungan panti asuhan mayoritas memiliki kepribadian rendah diri karena faktor kurangnya perhatian lingkungan terutama keluarga. Namun, Panti Asuhan Dewi Masyithoh dikenal oleh masyarakat memiliki anak-anak yang percaya diri dan memiliki motivasi tinggi untuk mengembangkan diri. Hal ini didukung oleh kegiatan mendukung proses perkembangan secara menyeluruh, salah satunya kegiatan rutinan zikir. Zikir, yang dilakukan secara rutin di Panti Asuhan Dewi Masyithoh, tidak hanya menjadi sarana spiritual tetapi juga membantu anak-anak dalam mengembangkan perilaku qona‘ah atau menerima. Melalui zikir, anak-anak diajarkan untuk lebih dekat dengan Allah SWT dan melihat sisi positif dari setiap keadaan sehingga mereka dapat mengembangkan rasa menerima dalam diri. Penelitian ini memiliki tiga rumusan utama: pertama, bagaimana tingkatan pengamalan zikir di Panti Asuhan Dewi Masyithoh; kedua, bagaimana tingkatan sikap qona‘ah di Panti Asuhan Dewi Masyithoh; ketiga, bagaimana pengaruh pembacaan zikir terhadap sikap qona‘ah di Panti Asuhan Dewi Masyithoh. Dari rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan pembacaan zikir, tingkatan qona‘ah, serta mengetahui pengaruh zikir terhadap perilaku qona‘ah pada remaja Panti Asuhan Dewi Masyithoh. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan keilmuan psikologi sufistik. Populasi yang digunakan adalah remaja yang tinggal di Panti Asuhan Dewi Masyithoh. Sampel yang digunakan menggunakan teknik total sampling dengan menjadikan keseluruhan populasi remaja yang berjumlah 40 orang. Instrumen penelitian ini adalah skala yang disusun peneliti, meliputi skala zikir yang didasarkan pada teori Quraish Sihab dan skala qona‘ah yang didasarkan pada teori Hamka. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data Spearman Rho dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil kategorisasi menunjukan bahwa zikir memiliki tingkatan tinggi sebesar 65%, sedang 35%, dan rendah 0%. Kategorisasi tingkatan qona‘ah juga menunjukan hasil yang sama yaitu tinggi sebesar 65%, sedang 35%, dan rendah 0%. Sementara untuk hasil pengujian menggunakan Spearman Rho didapatkan nilai Sig. (1-tailed) 0.000
24SK2433021.00 | SK TP 24.021 ALI p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain