SKRIPSI PGMI
Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Melalui Media Literasi Visual Pada Siswa Kelas II Di MINU Baros Kota Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah berbagai cara bisa digunakan melalui pendekatan individualisasi, pemanfaatan metode pengajaran fonik, literasi visual, dan interaksi aktif, serta pembentukan budaya membaca yang positif. Dalam kehidupan sosial, di lingkungan sekitar banyak sekali kata- kata yang terpampang terlihat jelas oleh kasat mata, baik di papan baliho, papan petunjuk jalan dan lain sebagainya. Jika siswa tidak bisa membaca tulisan maka kata- kata yang terlihat oleh penglihatan siswa tidak ada gunanya hanya sebatas sebagai pemandangan belaka. Melalui Media literasi visual yang bertujuan untuk mengasah kemampuan siswa dalam hal menyimak penjelasan dari guru, membaca tulisan, dan mengelola hasil dari bacaan siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana proses Media literasi visual dalam mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas II di MINU Baros?, Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca melalui Media literasi visual pada siswa kelas II di MINU Baros Kota Pekalongan?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses Media literasi visual pada siswa kelas II di MINU Baros Kota Pekalongan dan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca melalui Media literasi visual pada siswa kelas II di MINU Baros Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari MINU Baros dan data sekunder seperti jurnal dan referensi buku dan lain sebagainya. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini pada proses media literasi visual meliputi kontekstualisasi tulisan, membedakan kode dan struktur teks, cara membaca teks visual yang kemudian ditulis kembali oleh siswa dan menggabungkan teks visual dan verbal. Sedangkan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca meliputi Menganalisis Kesulitan membaca siswa dan faktor penyebabnya, Menentukan strategi dalam mengatasi kesulitan membaca siswa, Menyediakan informasi, Pengelola atau organisator, Motivator, dan Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.
24SK2423207.00 | SK PGMI 24.207 KHI u | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain