SKRIPSI PGMI
Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatal Lil Alamin Dalam Kurikulum Merdeka Di MI Sullam Taufiq Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemberlakuan kurikulum merdeka pada Tahun Ajaran 2022/2023. Adapun kurikulum merdeka mempunyai bagian penting yaitu P5RA yang dilaksanakan dalam rangka mewujudkan profil pelajar pancasila. Oleh karena itu, salah satul ciri kulrikullulm melrdelka adalah melnitikbelratkan pada pelngelmbangan kompeltelnsi dan karaktelr pelselrta didik mellaluli pelmbellajaran kellompok telrkait delngan isul-isul pelnting dalam kontelks nyata yang telrjadi keltika di lingkulngan selkitar. Berdasarkan latar belakang yang sudah dijelaskan, maka peneliti tertarik melakukan penelitian mengenai implementasi P5RA dalam Kurikulum Merdeka. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah. (1) Bagaimana implementasi P5RA dalam kurikulum merdelka di MI Sullam Taufiq Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimana dampak dari mengimplementasikan P5RA dalam kurikulum merdeka pada pembentukan karakter peserta didik di MI Sullam Taufiq Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah. (1) Untuk mengidentifikasi implementasi P5RA dalam kurikulum merdeka di MI Sullam Taufiq Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan dengan perbedaan sebelum dan sesudah proses implementasi tersebut berjalan (2) Untuk menganalisis apa dampak dari mengimplementasikan P5RA dalam kurikulum merdeka pada pembentukan karakter peserta didik di MI Sullam Taufiq Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) peneliti langsung turun ke lokasi penelitian dan mengamati secara langsung mengenai implementasi P5RA dalam kurikulum merdeka di MI Sullam Taufiq Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi kepala madrasah dan pendidik. Sumber data sekunder meliputi dokumentasi, catatan penelitian terdahulu, jurnal-jurnal, buku-buku serta pendukung lainnya yang terkait dengan implementasi P5RA dalam kurikulum merdeka. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perubahan sikap dan minat belajar peserta didik antara sebelum dan sesudah mengikuti P5RA dan dalam mengimplementasikan P5RA dapat dijadikan role model bagi peserta didik dan madrasah lain untuk dijadikan percontohan. Adapun dalam mengimplementasikan kegiatan P5RA dalam kurikulum merdeka ini terdapat 3 indikator tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dampak pada peserta didik juga baik seperti dapat mengambil keputusan secara konkret, kreatif dan gotong royong.
24SK2423206.00 | SK PGMI 24.206 SYI i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain