SKRIPSI PGMI
Manajemen Ekstrakurikuler Seni Tari Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Menari Siswa Di SD Negeri Keputran 4 Kota Pekalongan
Era Globalisasi dan demokratisasi pendidikan, pentingnya pengembangan bakat dan minat siswa menjadi fokus utama dalam pendidikan. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Tari sendiri menjadi salah satu bentuk seni yang dapat meningkatkan kreativitas, kordinasi, dan keterampilan motorik siswa. Oleh karena itu, peran manajemen ekstrakurikuler seni tari sangat penting dalam mengembangkan bakat dan minat. Namun masih banyak sekolah yang kurang memberikan perhatian pada program ekstrakurikuler seni tari, sehingga kemampuan menari siswa tidak dapat maksimal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana manajemen ekstrakurikuler seni tari dalam mengembangkan bakat dan minat menari siswa di SD Negeri Keputran 4 Kota Pekalongan?, Apa faktor pendukung dan penghambat manajemen ekstrakurikuler seni tari dalam mengembangkan bakat dan minat menari siswa di SD Negeri Keputran 4 Kota Pekalongan?. Tujuan penelitian ini Untuk mendeskripsikan manajemen ekstrakurikuler seni tari dalam mengembangkan bakat dan minat menari di SD Negeri Keputran 4 Kota Pekalongan, Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat manajemen ekstrakurikuler seni tari dalam mengembangkan bakat dan minat menari di SD Negeri Keputran 4 Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari SD Negeri Keputran 4 Kota Pekalongan dan data sekunder seperti jurnal dan referensi buku dan lain sebagainya. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini bahwa manajemen ekstrakurikuler seni tari memiliki peran penting dalam mengembangkan bakat menari siswa. Melalui program yang terorganisir dengan baik dan didukung oleh fasilitas dan tenaga pengajar yang berkualitas, siswa dapat mengakses pengalaman yang mendalam dalam dunia tari. Manajemen ekstrakurikuler seni tari yang efektif dapat membangun rasa percaya diri siswa. Melalui penampilan di depan publik, siswa belajar untuk mengatasi ketakutan dan rasa malu, sehingga meningkatkan kepercayaan diri mereka di dalam dan di luar ruang lingkup tari. Dalam faktor pendukung ekstrakurikuler terdiri atas Ketersediaan Sumber Daya, Keterlibatan Orang Tua, Waktu yang efektif. Dan Faktor penghambat ekstrakurikuler terdiri atas Keterbatasan waktu, Minat siswa yang rendah, dan Tekanan Akademis.
24SK2423202.00 | SK PGMI 24.202 NUR m | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain