SKRIPSI PGMI
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Pokok Bahasan Pecahan Di SDN Krapyak Lor 01 Kota Pekalongan
Pembelajaran matematika sering dianggap sulit oleh sebagian besar siswa kurangnya minat terhadap pembelajaran matematika menjadikan hasil belajar rendah. Penyampaian materi yang monoton serta kurangnya penerapan pendekatan dan metode pembelajaran menyebabkan siswa kurang aktif dalam berpastisipasi di kelas serta memahami apa yang disampaikan guru. Disinilah pentingya penggunaan pendekatan serta metode pembelajaran yang sesuai dengan usia siswa dan materi yang akan diajarkan. Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bisa menjadi salah satu alternatif dalam masalah ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar pada materi pecahan melalui penerapan pendekatan PMRI di kelas V SDN Krapyak Lor 01 Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Krapyak Lor 01 kota Pekalongan yang berjumlah 26 siswa dengan nilai KKTP individual 75 untuk mata pelajaran matematika, sedangkan KKTP klasikalnya adalah 80%. Teknik pengumpulan data menggunakan, lembar observasi aktivitas siswa, dan hasil tes.Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 57,14%, siklus II 71,43%, dan siklus III 82,15%. Dengan demikian, penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar melalui penerapan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI).
24SK2423199.00 | SK PGMI 24.199 MUC p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain