SKRIPSI PGMI
Pengembangan Media Pembelajaran IPA PopUp Book Materi Rantai Makanan Pada Ekosistem Untuk Kelas V di SDN Penjalinbanyu Kec. Larangan Kab. Brebes
Penelitian ini dilakukan dengan adanya permasalahan yang melatar belakangi pengambilan tema mengenai pengembangan pembelajaran menggunakan media visual pada peserta didik. Kondisi para siswa kelas V SDN Penjalinbanyu pada pembelajaran IPA materi rantai makanan pada ekosistem dari total 32 siswa terdapat 15 siswa (40%) mencapai nilai di atas KKM sedangkan sisanya sebanyak 17 siswa (60%) masih di bawah KKM. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan proses pembelajaran yang belum optimal sehingga siswa belum memahami konsep materi pembelajaran, sebagian besar siswa tidak terlibat aktif, siswa kurang antusias, perhatian siswa kurang fokus, serta dalam proses pembelajaran guru belum memanfaatkan media pembelajaran terlebih kurangnya media pembelajaran sebagai penunjang proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui pengembangan media pop-up book dalam meningkatkan hasil belajar pembelajaran IPA materi rantai makanan pada ekosistem kelas V di SDN Penjalinbanyu serta untuk mengetahui kelayakan penggunaan media pop up book dalam pembelajaran IPA berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, guru, dan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development model ADDIE.Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas V SD Negeri Penjalinbanyu mencakup populasi 32 peserta didik dengan seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, serta angket kuisioner dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif dan uji validasi. Hasil penelitian menunjukan pengembangan media pop-up book dalam mata pelajaran IPA untuk materi rantai makanan di ekosistem kelas V SDN Penjalinbanyu telah menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Dengan desain yang visual dan interaktif, media pop-up book membantu siswa memahami konsep rantai makanan dengan lebih baik. Berdasarkan hasil angket, rata-rata skor respon siswa adalah 4.07 x dari 5, dengan tingkat keidealan mencapai 81.4% yang menunjukkan penerimaan yang sangat baik. Berdasarkan penilaian ahli media, popup book layak digunakan dalam pembelajaran IPA. Media ini tidak hanya efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tetapi juga disukai oleh mereka karena desainnya yang menarik dan interaktif. Hasil penilaian ahli media menunjukkan tingkat keidealan sebesar 87%, sementara ahli materi memberikan skor keidealan sebesar 79%, dan guru memberikan penilaian sebesar 80%.
24SK2423194.00 | SK PGMI 24.194 ISM p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain