SKRIPSI PGMI
Efektivitas Metode PJBL Berbasis Steam Terhadap Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas IV di MI Walisongo Podo Kabupaten Pekalongan
Kesulitan siswa dalam matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian sering disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep dasar. Metode STEAM (Sains, Teknologi, Rekayasa, Seni, dan Matematika) terbukti efektif meningkatkan pemahaman siswa dalam operasi hitung bilangan bulat. Pendekatan ini mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu melalui kegiatan proyek dan pemecahan masalah, mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. MI Walisongo Podo belum menerapkan metode PjBL berbasis STEAM, sehingga penenelitian ini perlu dilakukan, adapun rumusan masalahnya yaitu: 1) Bagaimana pretest hasil belajar operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV di MI Walisongo Podo Kabupaten Pekalongan?, 2) Bagaimana posttest hasil belajar operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV di MI Walisongo Podo Kabupaten Pekalongan?, 3) Bagaimana efektivitas metode PjBL berbasis STEAM terhadap hasil belajar operasi hitung bilangan bulat kelas IV di MI Walisongo Podo Kabupaten Pekalongan?. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil pretes, posttest, dan efektivitas metode PjBL berbasis STEAM terhadap hasil belajar operasi hitung bilangan bulat kelas IV di MI Walisongo Podo Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, pendekatan kuantitatif denngan teknik eksperimen. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dari populasi kelas IV di MI Walisongo Podo Kabupaten Pekalongan, terdiri dari 40 siswa, dengan kelas kontrol (IVA) sebanyak 20 siswa dan kelas eksperimen (IVB) sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data meliputi penggunaan angket dan tes, yang keduanya dilakukan sebelum (pretest) dan setelah (posttest) perlakuan. Analisis data dimulai dengan uji pendahuluan, uji prasyarat, dan uji hipotesis menggunakan independent simple t-test. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 53, dan kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 50, 2) Kelas dengan rata-rata nilai 61, sementara kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 80,5, 3) Uji-t menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen (t hitung 4,339 > t tabel 2,024, nilai signifikansi 0,000), menegaskan bahwa metode PjBL berbasis STEAM lebih efektif meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat.
24SK2423193.00 | SK PGMI 24.193 WIN e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain