SKRIPSI PGMI
Analisis Kesulitan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas III Di MI Salafiyah VII Podosugih Kota Pekalongan
Kesulitan membaca Al-Qur’an merupakan suatu gangguan dalam suatu hal atau proses psikologis yang mencakup pemahaman, penggunaan bahasa, ujaran dan tulisan. Pembahasan itu dapat berupa kesulitan berfikir, berbicara, membaca, menulis dan mengeja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Analisis Kesulitan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas III di MI Salafiyah VII Podosugih Kota Pekalongan? 2) Apa faktor penghambat dan faktor pendukung kesulitan membaca Al-Qur’an di MI Salafiyah VII Podosugih Kota Pekalongan? 3) Bagaimana upaya guru untuk mengatasi kesulitan membaca AL – Qur’an di MI Salafiyah VII Podosugih Kota Pekalongan? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana analisis kesulitan membaca Al-Qur’an siswa kelas III di MI Salafiyah VII Podosugih Kota Pekalongan, untuk menganalisis faktor penghambat dan faktor pendukung kesulitan membaca Al-Qur’an di MI Salafiyah VII Podosugih Kota Pekalongan dan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di MI Salafiyah VII Podosugih Kota Pekalongan. Penelitian ini dilaksanakan di MI Salafiyah VII Podosugih Kota Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif kualitatif, dan teknik pengumupulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian analisis kesulitan membaca Al-Qur’an kelas III di MI Salafiyah VII Podosugih Kota Pekalongan menunjukkan bahwa masih adanya siswa yang kesulitan dalam penyebutan huruf sesuai dengan makhrojul huruf, seperti huruf ث خ ص ض ط ت ظ ز ذ ر ع غ, kesulitan dalam menyambung huruf ke huruf yang lain, kesulitan membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwid, kesulitan pada pengenalan hukum-hukum bacaan tajwid, dan kesulitan dalam membedakan panjang pendek harakat. Adapun Solusi yang dilakukan ustadzah dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an yaitu memberikan contoh kepada siswa cara pengucapan huruf Al-Qur’an yang benar, mengulang bacaan huruf per huruf, menyediakan waktu bagi siswa untuk membaca Al-Qur’an, dan memberikan motivasi kepada siswa.
24SK2423188.00 | SK PGMI 24.188 SIY a | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain