SKRIPSI PGMI
Pengembangan Media Pembelajaran Popup Diorama Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN 01 Api-Api Wonokerto Kabupaten Pekalongan
SDN 01 Api-api Wonokerto adalah salah satu Sekolah dasar negeri di desa Api-api, SD tersebut terletak di daerah pesisir pantai yang mayoritas siswanya lebih mengenal hewan laut. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas V SDN 1 Api-api Wonokerto didapatkan bahwa selama ini pembelajaran pada mata pelajaran IPAS Bab Harmonisasi Ekosistem guru biasanya menerangkan dengan metode caramah saja dan belum pernah menggunakan Popup Diorama dalam pembelajaran. Dengan demikian peserta didik mengira bahwa mata pelajaran IPAS adalah mata pelajaran yang hanya berisi tentang hafalan materi saja sehingga peserta didik kurang bersemangat dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori kelayakan produk media pembelajaran Popup Diorama serta mengetahui proses pengembangan media Popup Diorama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (penelitian dan pengembangan). yaitu metode penelitian yang menghasilkan produk tertentu dengan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian metode RnD ini menggunakan analisis kebutuhan dengan melalui survei langsung untuk menguji keefektifan produk pada objek yang diteliti. Penelitian ini mengacu pada pedoman penelitian pengembangan milik Borg and Gall yang telah disederhanakan sebagai berikut: identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba. Penyederhanaan tersebut karena penelitian ini hanya bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan. identifikasi masalah pada penelitian ini berupa kurangnya variasi media pembelajaran sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar, kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan wawancara , untuk desain produk peneliti memilih media pembelajaran Popup Diorama di ekosistem laut dengan tema gambar dasaran laut, selanjutnya validasi produk validasi produk ini bertujuan untuk mendapatkan kategori kelayakan. Validasi tersebut dilakukan oleh para validator ahli. Yang terakhir ada revisi produk, revisi ini bertujuan untuk memperbaiki kesalahan dan menyempurnakan media pembelajaran sesuai dengan masukan, saran dan kritik dari dosen validator ahli media dan materi.
24SK2423186.00 | SK PGMI 24.186 NAE p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain